Term & Condition
Selamat datang di SocialPet.ID
Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Berkat Anugerah
Vinsia (PT. BAV) terkait penggunaan situs SocialPet.ID. Pengguna disarankan membaca dengan cermat, teliti dan
seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna kaitannya dalam ranah hukum.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs SocialPet.ID, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti,
memahami dan menyetujui semua isi dalam syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan
yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV).
Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi syarat & ketentuan, maka pengguna tidak
diperkenankan menggunakan layanan di SocialPet.ID.
- Ketentuan Pengguna
- Definisi
- Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan
- Transaksi Pembelian
- Transaksi Penjualan
- Penataan Etalase
- Komisi
- Harga
- Tarif Pengiriman
- Konten
- Jenis Barang/Jasa/Pet
- Power Merchants dan TopAds
- Kartu Kredit
- Promo
- Pengiriman Barang/Jasa/Pet
- Penarikan Dana
- Pusat Resolusi
- Ketentuan Lain
- Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
- Pelepasan
- Ganti Rugi
- Pilihan Hukum
- Pembaharuan
A. Ketentuan Penggunaan
Ketentuan Penggunaan ini mengatur penggunaan SocialPet.ID dan menyediakan informasi tentang Layanan SocialPet.ID
yang diuraikan di bawah ini. Saat Pengguna membuat akun SocialPet.ID atau menggunakan SocialPet.ID, Pengguna
menyetujui ketentuan ini.
Layanan SocialPet.ID adalah salah satu Produk yang disediakan untuk Pengguna oleh PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT.
BAV). Ketentuan Penggunaan ini merupakan persetujuan antara Pengguna dan PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV)
Layanan SocialPet.ID
SocialPet.ID setuju untuk menyediakan Layanan SocialPet.ID kepada Pengguna. Layanan ini meliputi semua produk,
fitur, aplikasi, layanan, teknologi, dan perangkat lunak SocialPet.ID yang SocialPet.ID sediakan untuk
melaksanakan misi SocialPet.ID: Mendekatkan Pengguna dengan orang-orang atau hal-hal yang Pengguna sukai.
Layanan ini terdiri dari sejumlah aspek berikut (Layanan):
⚬ Menawarkan peluang yang dipersonalisasikan untuk membuat, menjalin hubungan, berkomunikasi, menemukan, dan
membagikan diantara pemilik/penggemar hewan peliharaan.
Setiap pemilik/penggemar hewan peliharaan berbeda antara satu dengan yang lain. SocialPet.ID ingin mempererat
hubungan yang Pengguna miliki melalui berbagi pengalaman yang berarti bagi Pengguna. Oleh karena itu,
SocialPet.ID membangun sistem yang mencoba untuk memahami pemilik/penggemar hewan peliharaan dan hal-hal yang
penting bagi Pengguna dan orang lain, dan menggunakan informasi itu untuk membantu Pengguna membuat, menemukan,
berpartisipasi, dan membagikan pengalaman-pengalaman yang berarti bagi Pengguna. Bagian dari upaya tersebut
adalah dengan menyorot konten, fitur, promo, dan akun yang mungkin menarik bagi Pengguna, dan memberi banyak
cara kepada Pengguna untuk menikmati SocialPet.ID berdasarkan hal-hal yang Pengguna dan orang lain lakukan di
dalam maupun di luar SocialPet.ID.
⚬ Mendorong terciptanya lingkungan yang bersifat positif, inklusif, dan aman.
SocialPet.ID mengembangkan dan menggunakan alat dan menawarkan sumber daya kepada para anggota komunitas
SocialPet.ID yang dapat membantu membuat pengalaman mereka menjadi positif dan terbuka bagi semuanya, termasuk
saat SocialPet.ID merasa bahwa mereka mungkin memerlukan bantuan. SocialPet.ID juga memiliki tim dan sistem yang
berfungsi untuk menangkal penyalahgunaan dan pelanggaran Ketentuan dan kebijakan SocialPet.ID, dan menangkal
perilaku yang merugikan dan menyesatkan. SocialPet.ID menggunakan semua informasi yang SocialPet.ID miliki,
termasuk informasi Pengguna, demi menjaga agar platform SocialPet.ID tetap aman. SocialPet.ID juga dapat
membagikan informasi mengenai penyalahgunaan konten atau konten yang merugikan dengan aparat penegak hukum atau
instansi terkait.
⚬ Mengembangkan dan menggunakan teknologi yang membantu SocialPet.ID dalam melayani komunitas SocialPet.ID secara
konsisten.
Mengelola dan menganalisis informasi untuk komunitas SocialPet.ID yang berkembang merupakan sesuatu yang mendasar
bagi Layanan SocialPet.ID. Bagian besar dari Layanan SocialPet.ID adalah membuat dan menggunakan teknologi
termutakhir yang dapat membantu SocialPet.ID dalam mempersonalisasikan, melindungi, dan meningkatkan Layanan
SocialPet.ID dalam skala yang luar biasa besar untuk komunitas global yang luas. Teknologi seperti kecerdasan
buatan dan pembelajaran mesin memberi SocialPet.ID kemampuan untuk menerapkan sejumlah proses yang kompleks di
semua Layanan SocialPet.ID. Teknologi otomatis juga membantu SocialPet.ID memastikan fungsionalitas dan
integritas Layanan SocialPet.ID.
⚬ Memberikan pengalaman yang konsisten dan efisien di seluruh Produk Perusahaan.
SocialPet.ID merupakan bagian dari PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) yang berbagi teknologi, sistem, insight,
dan informasi, termasuk informasi yang SocialPet.ID miliki tentang Pengguna (pelajari selengkapnya di Kebijakan
Data), agar dapat menyediakan layanan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih terjamin. SocialPet.ID juga
menyediakan cara untuk berinteraksi di semua Produk Layanan SocialPet.ID yang Pengguna gunakan dan sistem yang
dirancang untuk menghasilkan pengalaman yang mulus dan konsisten di semua Produk Perusahaan.
⚬ Menjamin infrastruktur global yang stabil untuk Layanan SocialPet.ID.
Guna menyediakan Layanan global SocialPet.ID, SocialPet.ID harus menyimpan dan mentransfer data di semua sistem
SocialPet.ID di seluruh dunia, termasuk sistem yang berada di luar negara tempat tinggal Pengguna. Infrastruktur
ini dimiliki atau dioperasikan oleh PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) atau afiliasinya.
⚬ Menjalin hubungan Pengguna dengan merek, produk, dan layanan melalui cara yang berarti bagi Pengguna.
SocialPet.ID menggunakan data dari SocialPet.ID dan Produk Perusahaan lainnya, serta dari mitra pihak ketiga,
untuk menampilkan iklan, promo, dan konten bersponsor lain yang SocialPet.ID yakini berarti kepada Pengguna.
SocialPet.ID juga berupaya untuk membuat konten tersebut agar menjadi relevan seperti pengalaman Pengguna yang
lain di SocialPet.ID.
⚬ Penelitian dan inovasi.
SocialPet.ID menggunakan informasi yang SocialPet.ID miliki untuk mempelajari Layanan SocialPet.ID dan
berkolaborasi dalam penelitian dengan pihak-pihak lain demi menyempurnakan Layanan SocialPet.ID dan memberi
kontribusi pada keberlangsungan komunitas SocialPet.ID.
Kebijakan Data
Penyediaan Layanan SocialPet.ID memerlukan pengumpulan dan penggunaan informasi Pengguna. Kebijakan Data
menjelaskan bagaimana SocialPet.ID mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan informasi. Kebijakan Data tersebut
juga menjelaskan beragam cara yang dapat Pengguna lakukan untuk mengontrol informasi Pengguna, termasuk di
Pengaturan Privasi dan Keamanan SocialPet.ID. Pengguna harus menyetujui Kebijakan Data untuk menggunakan
SocialPet.ID.
Deklarasi SocialPet.ID
SocialPet.ID menolak segala perlakuan Pengguna yang mengekspose tindakan menyiksa atau menyakiti hewan
peliharaan. Demikian juga SocialPet.ID tidak memperkenankan Pengguna memperjualbelikan hewan atau satwa yang
dilindungi oleh Hukum dan Undang-undang yang berlaku. SocialPet.ID berhak melaporkan pelanggaran terhadap
hal-hal tersebut kepada aparat yang berwenang dan/atau instansi yang terkait.
Komitmen Pengguna
Sebagai balasan atas komitmen SocialPet.ID untuk menyediakan Layanan, SocialPet.ID mewajibkan Pengguna untuk
membuat komitmen di bawah ini dengan SocialPet.ID.
Orang-orang Yang Dapat Menggunakan SocialPet.ID. SocialPet.ID menghendaki Layanan SocialPet.ID untuk terbuka dan
dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, namun SocialPet.ID juga menghendaki Layanan SocialPet.ID selamat, aman, dan
sesuai dengan peraturan hukum yang ada. Oleh karena itu, SocialPet.ID meminta Pengguna untuk mematuhi sejumlah
batasan agar Pengguna dapat menjadi bagian dari komunitas SocialPet.ID.
⚬ Untuk dapat menggunakan SocialPet.ID, Pengguna setidaknya harus berusia 13 tahun atau telah berusia minimal
yang dianggap cukup menurut hukum di negara Pengguna untuk menggunakan SocialPet.ID.
⚬ Pengguna tidak dilarang untuk menerima segala aspek dari Layanan SocialPet.ID berdasarkan hukum yang berlaku
atau memanfaatkan Layanan yang berkaitan dengan pembayaran, apabila nama Pengguna berada dalam daftar larangan
yang berlaku.
⚬ SocialPet.ID sebelumnya tidak pernah menonaktifkan akun Pengguna yang diakibatkan oleh adanya pelanggaran hukum
atau pelanggaran kebijakan SocialPet.ID.
⚬ Pengguna bukan merupakan seorang terpidana pelaku kejahatan seksual.
Cara yang Tidak Diperbolehkan Dalam Menggunakan SocialPet.ID. Menyediakan Layanan yang aman dan terbuka bagi
siapa pun untuk komunitas yang luas mengharuskan partisipasi dari kita semua.
⚬ Pengguna tidak boleh menyamar sebagai orang lain atau memberikan informasi yang tidak akurat.
Pengguna tidak diharuskan untuk mengungkapkan identitas Pengguna di SocialPet.ID, namun Pengguna harus memberikan
informasi yang akurat dan terbaru kepada SocialPet.ID (termasuk informasi pendaftaran). Selain itu, Pengguna
tidak boleh menyamar sebagai orang lain, dan Pengguna tidak boleh membuat akun untuk orang lain, kecuali
Pengguna telah memperoleh izin yang tegas dari orang tersebut.
⚬ Pengguna tidak boleh melakukan pelanggaran hukum, perbuatan yang menyesatkan, menipu, maupun perbuatan untuk
tujuan ilegal atau dilarang.
⚬ Pengguna tidak boleh melanggar (atau membantu maupun mendorong orang lain untuk melanggar) Ketentuan ini atau
kebijakan SocialPet.ID, termasuk Panduan Komunitas SocialPet.ID dan Kebijakan Platform SocialPet.ID.
⚬ Pengguna tidak boleh melakukan apa pun untuk mengganggu atau merusak operasi Layanan sebagaimana mestinya.
⚬ Pengguna tidak boleh mencoba untuk membuat akun atau mengakses maupun mengumpulkan informasi secara tidak sah.
Ini meliputi pembuatan akun atau pengumpulan informasi melalui cara otomatis tanpa izin tertulis dari
SocialPet.ID.
⚬ Pengguna tidak boleh mencoba untuk membeli, menjual, atau mentransfer aspek mana pun dari akun Pengguna
(termasuk nama pengguna Pengguna) atau meminta, mengumpulkan, atau menggunakan informasi masuk atau lencana
milik pengguna lain.
⚬ Pengguna tidak boleh memposting informasi pribadi, informasi rahasia, atau melakukan apa pun yang melanggar hak
milik orang lain, termasuk hak kekayaan intelektual.
Pelajari selengkapnya, termasuk cara melaporkan konten yang menurut Pengguna melanggar hak kekayaan intelektual
Pengguna.
⚬ Pengguna tidak boleh menggunakan nama domain atau URL di dalam nama pengguna Pengguna tanpa persetujuan
tertulis dari SocialPet.ID.
Izin yang Pengguna Berikan kepada SocialPet.ID. Sebagai bagian dari perjanjian kita, Pengguna juga memberi
SocialPet.ID izin yang SocialPet.ID perlukan untuk menyediakan Layanan.
⚬ SocialPet.ID tidak mengklaim hak milik atas konten Pengguna, namun Pengguna memberi lisensi kepada SocialPet.ID
untuk menggunakannya.
Tidak ada yang berubah pada hak Pengguna atas konten Pengguna. SocialPet.ID tidak mengklaim hak milik atas konten
Pengguna yang dikirim di atau melalui Layanan. Sebagai gantinya, saat Pengguna membagikan, membuat postingan,
atau mengunggah konten yang berada dalam cakupan hak kekayaan intelektual (seperti foto atau video) di dalam
maupun yang berkaitan dengan Layanan SocialPet.ID, Pengguna memberi lisensi kepada SocialPet.ID yang bersifat
non-eksklusif, bebas royalti, dapat dipindahkan, dapat disublisensikan, dan berlaku di seluruh dunia untuk
menghosting, menggunakan, mendistribusikan, mengubah, menjalankan, menyalin, menayangkan secara publik,
menerjemahkan, dan membuat karya turunan dari konten Pengguna (selaras dengan pengaturan privasi dan aplikasi
Pengguna). Pengguna dapat mengakhiri lisensi ini kapan saja dengan menghapus konten atau akun Pengguna. Akan
tetapi, konten akan dapat terus muncul jika Pengguna membagikannya dengan orang lain dan orang tersebut masih
belum menghapusnya. Tinjaulah Kebijakan Data dan kunjungilah Pusat Bantuan SocialPet.ID untuk mempelajari
selengkapnya tentang cara SocialPet.ID menggunakan informasi dan cara mengontrol atau menghapus konten Pengguna.
⚬ Izin untuk menggunakan nama pengguna Pengguna, foto profil Pengguna, dan informasi mengenai hubungan dan
tindakan Pengguna dengan akun, iklan, dan konten bersponsor.
Pengguna memberi izin kepada SocialPet.ID untuk menampilkan nama pengguna Pengguna, foto profil Pengguna, dan
informasi mengenai tindakan Pengguna (seperti suka) atau hubungan (seperti mengikuti) di sekitar atau berkaitan
dengan akun, iklan, promo, dan konten bersponsor lainnya yang Pengguna ikuti atau libatkan dalam interaksi
Pengguna yang ditampilkan di Produk, tanpa adanya imbalan kepada Pengguna. Misalnya, SocialPet.ID dapat
menunjukkan bahwa Pengguna menyukai postingan bersponsor yang dibuat oleh sebuah merek yang telah membayar
SocialPet.ID untuk menampilkan iklannya di SocialPet.ID. Sebagaimana tindakan pada konten lainnya dan mengikuti
akun lainnya, tindakan pada konten bersponsor dan mengikuti akun bersponsor hanya dapat dilihat oleh orang-orang
yang memiliki izin untuk melihat konten tersebut atau mengikuti. SocialPet.ID juga akan menghormati pengaturan
iklan Pengguna. Pengguna dapat mempelajari selengkapnya tentang pengaturan iklan Pengguna.
⚬ Pengguna menyetujui bahwa SocialPet.ID dapat mengunduh dan memasang pembaruan pada Layanan di perangkat
Pengguna.
Hak-hak Tambahan yang SocialPet.ID Miliki
⚬ Jika Pengguna memilih nama pengguna atau pengidentifikasi serupa untuk akun Pengguna, SocialPet.ID dapat
mengubahnya jika menurut SocialPet.ID perubahan tersebut pantas dan perlu (misalnya, jika nama pengguna atau
pengidentifikasi yang dimaksud melanggar hak kekayaan intelektual milik seseorang atau menyamar sebagai pengguna
lain).
⚬ Jika Pengguna menggunakan konten yang berada dalam cakupan hak kekayaan intelektual yang SocialPet.ID miliki
dan sediakan di Layanan SocialPet.ID (seperti misalnya gambar, desain, video, atau suara yang SocialPet.ID
sediakan yang Pengguna tambahkan ke konten yang Pengguna buat maupun bagikan), maka SocialPet.ID tetap memiliki
semua hak atas konten SocialPet.ID (namun bukan konten Pengguna).
⚬ Pengguna hanya dapat menggunakan kekayaan intelektual dan merek dagang SocialPet.ID maupun tPengguna-tPengguna
serupa lainnya melalui cara yang diperbolehkan oleh Panduan Merek atau dengan izin tertulis dari SocialPet.ID.
⚬ Pengguna harus memperoleh izin tertulis dari SocialPet.ID atau izin berdasarkan lisensi sumber terbuka untuk
dapat mengubah, membuat karya turunan dari, menguraikan, atau berupaya untuk mengekstrak kode sumber
SocialPet.ID.
Penghapusan Konten dan Penonaktifan atau Penghapusan Akun Pengguna
⚬ SocialPet.ID dapat menghapus konten atau informasi apa pun yang Pengguna bagikan di Layanan jika SocialPet.ID
meyakini bahwa konten atau informasi tersebut melanggar Ketentuan Penggunaan ini, kebijakan SocialPet.ID
(termasuk Panduan Komunitas SocialPet.ID SocialPet.ID), atau SocialPet.ID diperbolehkan atau diwajibkan untuk
melakukannya berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku. SocialPet.ID dapat menolak untuk menyediakan
atau berhenti menyediakan semua atau sebagian dari Layanan kepada Pengguna (termasuk menghapus atau
menonaktifkan akun Pengguna) secepatnya demi melindungi komunitas atau layanan SocialPet.ID, atau jika Pengguna
membuat sesuatu yang menjadi ancaman atau risiko hukum bagi SocialPet.ID, melanggar Ketentuan Penggunaan ini
atau kebijakan SocialPet.ID (termasuk Panduan Komunitas SocialPet.ID), jika Pengguna berulang kali melanggar hak
kekayaan intelektual milik orang lain, atau ketika SocialPet.ID diperbolehkan atau diwajibkan untuk melakukannya
oleh hukum. Jika SocialPet.ID mengambil tindakan untuk menonaktifkan atau menghapus akun Pengguna, maka
SocialPet.ID akan memberi tahu Pengguna bila diperlukan. Jika Pengguna yakin bahwa penghapusan akun Pengguna
merupakan suatu kesalahan, atau Pengguna ingin menonaktifkan atau menghapus akun Pengguna secara permanen,
bukalah Pusat Bantuan SocialPet.ID.
⚬ Konten yang Pengguna hapus masih dapat bertahan selama periode waktu tertentu dalam wujud salinan cadangan dan
konten tersebut masih dapat dilihat oleh orang-orang yang telah membagikannya. Paragraf ini, dan bagian di bawah
yang berjudul "Perjanjian Kita dan Hal yang Terjadi jika Kita Tidak Sepakat," akan tetap berlaku sekalipun akun
Pengguna telah dinonaktifkan atau dihapus.
Perjanjian Kita dan Hal yang Terjadi jika Kita Tidak Sepakat
Perjanjian Kita.
⚬ Jika Pengguna menggunakan fitur lain atau layanan tertentu yang terkait, ketentuan tambahan akan tersedia dan
akan menjadi bagian dari perjanjian kita. Misalnya, jika Pengguna menggunakan fitur pembayaran, maka Pengguna
akan diminta untuk menyetujui Ketentuan Pembayaran Komunitas. Jika ketentuan tersebut tidak sama dengan
perjanjian ini, maka ketentuan lain tersebutlah yang berlaku.
⚬ Jika ada aspek tertentu dari perjanjian ini yang tidak dapat ditegakkan, maka aspek lain akan tetap berlaku.
⚬ Perubahan atas atau pelepasan dari perjanjian kita harus dibuat secara tertulis dan ditPenggunatangani oleh
SocialPet.ID. Jika SocialPet.ID gagal untuk menegakkan aspek yang ada di perjanjian ini, maka hal tersebut tidak
akan dianggap sebagai pelepasan.
⚬ SocialPet.ID memiliki semua hak yang tidak secara tersurat diberikan kepada Pengguna.
Pihak-pihak yang Berhak di Perjanjian ini.
Pihak-pihak yang Berhak di Perjanjian ini.
⚬ Pengguna tidak dapat memindahtangankan hak atau kewajiban Pengguna dalam perjanjian ini tanpa persetujuan dari
SocialPet.ID.
⚬ Hak dan kewajiban SocialPet.ID dapat dialihkan ke pihak lain. Seperti misalnya, pengalihan hak dan kewajiban
tersebut dapat terjadi jika ada perubahan dalam kepemilikan SocialPet.ID (dalam merger, akuisisi, atau penjualan
aset) atau berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku.
Pihak yang Bertanggung Jawab Jika Terjadi Sesuatu.
⚬ Layanan SocialPet.ID disediakan "sebagaimana adanya," dan SocialPet.ID tidak dapat menjamin bahwa Layanan
tersebut akan senantiasa aman dan berfungsi dengan sempurna. SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, SOCIALPET.ID JUGA
MELEPASKAN SEMUA JAMINAN, BAIK TERSIRAT MAUPUN TERSURAT, TERMASUK JAMINAN TERSIRAT PERIHAL KELAYAKAN SEBAGAI
BARANG DAGANGAN, KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, KEPEMILIKAN, DAN KETIADAAN PELANGGARAN.
⚬ SocialPet.ID juga tidak dapat mengontrol apa yang orang dan pihak lain lakukan atau katakan, dan SocialPet.ID
tidak bertanggung jawab atas tindakan atau perilaku mereka (atau Pengguna) atau konten mereka (atau Pengguna)
(baik online maupun offline) (termasuk konten yang melanggar hukum atau menimbulkan keberatan). SocialPet.ID
juga tidak bertanggung jawab atas layanan dan fitur yang ditawarkan oleh orang lain atau perusahaan lain,
meskipun Pengguna mengaksesnya melalui Layanan SocialPet.ID.
⚬ Tanggung jawab SocialPet.ID untuk apa pun yang terjadi di Layanan tersebut (yang disebut juga dengan
"pertanggungjawaban") dibatasi sejauh dimungkinkan oleh hukum. Jika terdapat masalah dengan Layanan
SocialPet.ID, SocialPet.ID tidak dapat mengetahui semua kemungkinan dampak yang dapat diakibatkan oleh masalah
tersebut. Pengguna menyetujui bahwa SocialPet.ID tidak bertanggung jawab atas hilangnya keuntungan, pendapatan,
informasi, atau data, atau kerugian yang bersifat konsekuensial, khusus, tidak langsung, luar biasa, punitif,
atau insidental yang muncul dari atau berkaitan dengan Ketentuan ini, sekalipun SocialPet.ID tahu akan
kemungkinan adanya kerugian tersebut. Ini meliputi saat SocialPet.ID menghapus konten, informasi, atau akun
Pengguna.
Cara Menyelesaikan Persengketaan.
Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan
pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari,
berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan
diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia berdasarkan aturan
perundang-undangan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
Materi yang Tidak Diminta.
SocialPet.ID senantiasa memberi apresiasi kepada masukan atau saran lain yang ada, namun SocialPet.ID dapat
menggunakan masukan atau saran tersebut tanpa batasan atau kewajiban untuk memberi Pengguna imbalan untuknya,
dan SocialPet.ID tidak berkewajiban untuk menjaga kerahasiaannya.
Memperbarui Ketentuan Ini
SocialPet.ID dapat mengubah Layanan dan kebijakan SocialPet.ID, dan SocialPet.ID mungkin perlu untuk membuat
perubahan pada Ketentuan ini demi mencerminkan Layanan dan kebijakan SocialPet.ID secara akurat. Kecuali jika
diwajibkan secara hukum, SocialPet.ID akan memberi tahu Pengguna (seperti misalnya, melalui Layanan
SocialPet.ID) sebelum SocialPet.ID membuat perubahan pada Ketentuan ini dan memberi waktu kepada Pengguna untuk
meninjau Ketentuan tersebut sebelum diberlakukan. Kemudian, jika Pengguna terus menggunakan Layanan, maka
berarti Pengguna akan terikat dengan Ketentuan yang telah diperbarui tersebut. Jika Pengguna tidak setuju dengan
Ketentuan yang telah diperbarui tersebut, maka Pengguna dapat menghapus akun Pengguna.
B. Definisi
- PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa
web portal SocialPet.ID, yakni situs media sosial, pencarian toko dan Barang/Jasa/Pet yang dijual oleh
penjual terdaftar. Selanjutnya disebut SocialPet.ID.
- Situs SocialPet.ID adalah www.SocialPet.ID.
- SocialPet.ID mengkhususkan segment kepada hewan peliharaan dan hal-hal yang berhubungan atau terkait.
- Pet Wall adalah media sosial yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna untuk membuat, menjalin
hubungan, berkomunikasi, menemukan, dan membagikan diantara pemilik/penggemar hewan peliharaan.
- Pet Shop adalah media toko online yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna untuk melakukan proses
jual beli segala produk makanan, aksesoris, dan berbagai keperluan hewan peliharaan.
- Pet Grooming adalah media jasa perawatan hewan peliharaan yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna.
- Pet Doctor adalah media konsultasi dengan dokter hewan yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna.
Selain itu berfungsi sebagai media bertukar informasi dan diskusi seputar kesehatan hewan peliharaan.
- Pet For Sale adalah media toko online yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna untuk melakukan proses
jual beli hewan peliharaan yang tidak dilarang oleh Hukum dan Undang-undang.
- Pet For Adoption adalah media informasi yang disediakan oleh SocialPet.ID untuk menjembatani dan saling
berbagi informasi hewan peliharaan yang bisa diadopsi dan dipeliharan oleh Pengguna.
- Pet Donation adalah media yang dikelola oleh SocialPet.ID untuk menyalurkan donasi atau bantuan atau
sumbangan dari Pengguna bagi hewan-hewan yang terlantar atau membutuhkan pertolongan.
- Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan SocialPet.ID yang berisikan seperangkat peraturan
yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan SocialPet.ID, serta tata cara penggunaan sistem
layanan SocialPet.ID.
- Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan SocialPet.ID, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli,
penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs SocialPet.ID.
- Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang/Jasa/Pet/Jasa yang dijual oleh
Penjual di Situs SocialPet.ID.
- Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu
Barang/Jasa/Pet/Jasa kepada para Pengguna Situs SocialPet.ID.
- Barang/Jasa/Pet adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang/Jasa/Pet yang dapat diantar / memenuhi
kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang/Jasa/Pet yang dapat dijual kepada orang lain.
- Jasa adalah suatu manfaat atau kegiatan yang tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan yang
ditawarkan atau dijual oleh suatu pihak terhadap pihak yang lain.
- Pet atau hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia yang kehidupannya
untuk sebagian atau seluruhnya bergantung pada manusia untuk maksud tertentu.
- Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan
dana), yang disediakan SocialPet.ID untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian
Barang/Jasa/Pet/Jasa, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk
melakukan pembelian pada Situs SocialPet.ID dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
- Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas
penyimpanan dana), yang disediakan SocialPet.ID untuk menampung dana hasil penjualan Barang/Jasa/Pet, produk
investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs SocialPet.ID. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang
terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs SocialPet.ID.
- Feed adalah fitur pada Situs/Aplikasi SocialPet.ID yang menampilkan konten dari Penjual, KOL, atau pihak
lainnya terkait Barang/Jasa/Pet tertentu.
- Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan Barang/Jasa/Pet atau Penjual tertentu melalui
Feed.
- Rekening Resmi SocialPet.ID adalah rekening bersama yang disepakati oleh SocialPet.ID dan para pengguna
untuk proses transaksi jual beli di Situs SocialPet.ID.
- Internal Dropshipper adalah transaksi yang seluruhnya terjadi di ruang lingkup SocialPet.ID yang dilakukan
oleh Penjual dengan membeli Barang/Jasa/Pet dari Penjual lainnya dan menjualnya kembali melalui Situs
SocialPet.ID.
C. Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya
dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
- SocialPet.ID tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
- Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna
SocialPet.ID, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon
sebelumnya.
- Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
- Pembeli
- Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.
- Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko.
Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan
diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
- Pengguna yang telah melakukan tindakan buka toko diharapkan mengunggah konten produk yang akan
diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah toko berhasil dibuka. Apabila
dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Pengguna masih tidak mengunggah konten produk, maka
Pengguna menyetujui dan memahami bahwa SocialPet.ID berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan toko
tanpa pemberitahuan sebelumnya.
- SocialPet.ID tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan
tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang
berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang/Jasa/Pet ke gudang, penghapusan Barang/Jasa/Pet, moderasi
toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen
apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan
ketentuan SocialPet.ID. Pengguna menyetujui bahwa SocialPet.ID berhak melakukan tindakan lain yang
diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang
baru apabila ditemukan kesamaan data.
- Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya
yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem SocialPet.ID, termasuk namun tidak terbatas pada : (i)
manipulasi data toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam
transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang
secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah
reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya
kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko
(review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan
menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
- Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang/Jasa/Pet, produk digital,
dan/atau produk keuangan di Situs SocialPet.ID dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
- Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet,
produk digital, dan/atau produk investasi di Situs SocialPet.ID, dan dapat dilakukan penarikan dana
(withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.
- Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang/Jasa/Pet, produk investasi, dan/atau komisi
affiliate pada Situs SocialPet.ID dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
- Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada
akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet,
produk digital, dan/atau produk investasi di Situs SocialPet.ID, namun dapat digunakan untuk fitur-fitur
berlangganan yang membantu Penjual, seperti TopAds atau promo cashback toko.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna
apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat
dan ketentuan SocialPet.ID.
- Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat
diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
- Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama toko dan/atau domain toko Pengguna.
- Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan
dan SocialPet.ID berhak merubah jumlah kesempatan perubahan pada nama akun. Pengguna harus memastikan bahwa
perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas
perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi
sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.
- Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas
yang terjadi dalam akun Pengguna.
- SocialPet.ID tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun
Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu SocialPet.ID menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data
tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan SocialPet.ID atau pihak lain yang
tidak dapat dijamin keamanannya.
- Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu
SocialPet.ID jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa SocialPet.ID tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang
timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak
terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang
diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada
pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun
Pengguna.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka
penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna sesuai dengan
kebijakan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi.
- Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang/Jasa/Pet secara langsung menggunakan fasilitas pesan
pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.
D. Transaksi Pembelian
- Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh SocialPet.ID. Pembeli
melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan
kemudian SocialPet.ID akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem
SocialPet.ID telah selesai.
- Saat melakukan pembelian Barang/Jasa/Pet, Pembeli menyetujui bahwa:
- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan
Barang/Jasa/Pet (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya)
sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
- Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs SocialPet.ID
tergantung pada monitor komputer Pembeli. SocialPet.ID telah melakukan upaya terbaik untuk
memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs SocialPet.ID muncul seakurat mungkin,
tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs SocialPet.ID akan akurat.
- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang/Jasa/Pet ketika
Pengguna membeli suatu Barang/Jasa/Pet.
- SocialPet.ID tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Barang/Jasa/Pet-Barang/Jasa/Pet dari
Penjual kepada Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang/Jasa/Pet merupakan tanggung jawab Penjual
yang menawarkan Barang/Jasa/Pet tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang/Jasa/Pet dapat berubah
sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang/Jasa/Pet kosong, maka penjual akan menolak order, dan
pembayaran atas Barang/Jasa/Pet yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual
selain melalui Rekening Resmi SocialPet.ID dan/atau tanpa sepengetahuan SocialPet.ID (melalui
fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs SocialPet.ID atau
upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli
melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan
oleh pembeli, SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak
mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
- Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor
invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh
SocialPet.ID.
- Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran
kepada pihak lain selain SocialPet.ID. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti
pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung
jawab Pembeli.
- Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet, setelah menerima kiriman Barang/Jasa/Pet yang
dibeli. SocialPet.ID memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem
SocialPet.ID, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet. Jika dalam batas waktu tersebut
tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui
dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet secara otomatis oleh sistem SocialPet.ID.
- Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet atau konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet otomatis,
maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi SocialPet.ID akan di lanjut kirimkan ke pihak
Penjual (transaksi dianggap selesai).
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi
otomatis penerimaan Barang/Jasa/Pet adalah bukan menjadi tanggung jawab SocialPet.ID. Kerugian yang timbul
setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang/Jasa/Pet menjadi tanggung jawab Pembeli
secara pribadi.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang/Jasa/Pet yang disebabkan
keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang
disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi SocialPet.ID adalah
tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pengembalian dana dari SocialPet.ID kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu
berikut ini:
- Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang/Jasa/Pet,
- Masalah pengiriman Barang/Jasa/Pet telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang
mengakibatkan pesanan Barang/Jasa/Pet tidak sampai,
- Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab
lainnya,
- Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang/Jasa/Pet, tetapi setelah batas waktu yang
ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang/Jasa/Pet hingga batas waktu yang telah
ditentukan.
- Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada
Pembeli atau hasil keputusan dari pihak SocialPet.ID.
- Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik
Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan
metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian M terkait Kartu
Kredit.
- SocialPet.ID berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan
akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti
yang ada. Keputusan SocialPet.ID adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak
Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan
kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan
dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli.
- Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik
(apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. SocialPet.ID tidak bertanggungjawab atas kerugian yang
dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada
halaman pembayaran.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada
pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada
konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal Barang/Jasa/Pet pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5
hari sejak perubahan status tersebut diatas, SocialPet.ID memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk
melakukan (i) konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari
tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet atau komplain apapun dari Pembeli, maka
SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual
bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan Barang/Jasa/Pet dan menginformasikan
nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan
pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
E. Transaksi Penjualan
- Penjual dilarang memanipulasi harga Barang/Jasa/Pet dengan tujuan apapun.
- Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang/Jasa/Pet terlarang sesuai dengan yang telah
ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang/Jasa/Pet.
- Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan
kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang
diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka SocialPet.ID berhak membatalkan/menahan
dana transaksi.
- Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual
dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang
berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima
retur (penukaran Barang/Jasa/Pet), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) Barang/Jasa/Pet
tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim),
(vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman Barang/Jasa/Pet acak secara sepihak. Jika terdapat
pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan SocialPet.ID, maka
peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan SocialPet.ID.
- Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang/Jasa/Pet pihak Pembeli dalam
batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang/Jasa/Pet dari SocialPet.ID. Jika dalam
batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
- Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa SocialPet.ID
berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak
merespon pesanan Barang/Jasa/Pet milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas
Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
- Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet atau AWB (air way bill) yang
valid, yaitu:
- Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang/Jasa/Pet tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian
Barang/Jasa/Pet;
- Nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan
atau sistem jasa ekspedisi rekanan SocialPet.ID; dan/atau
- Merupakan resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima
paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
- Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam
(tidak termasukhari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang/Jasa/Pet
dari SocialPet.ID.
- Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang invalid atau tidak dapat terlacak,
Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam
(tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau
tidak terlacak yang diberikan oleh SocialPet.ID kepada Penjual.
- Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin D. 8 dan D. 9 pihak Penjual tidak memasukkan
nomor resi Penjual tetap mengirimkan Barang/Jasa/Pet setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana
dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat
melakukan penarikan Barang/Jasa/Pet pada kurir tempat Barang/Jasa/Pet dikirimkan.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual
melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh
masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di
Indonesia.
- SocialPet.ID berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan
akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti
yang ada. Keputusan SocialPet.ID adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak
Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli
dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
- SocialPet.ID berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan
selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
- Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
F. Penataan Etalase
- Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak terbatas pada informasi toko dan informasi
Barang/Jasa/Pet) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs
SocialPet.ID.
- Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung
kepada Pembeli / calon Pembeli.
- Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang/Jasa/Pet) selain/diluar daripada
keterangan toko dan/atau Barang/Jasa/Pet yang bersangkutan.
- Penamaan Barang/Jasa/Pet dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi,
dan kondisi Barang/Jasa/Pet, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama,
deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Barang/Jasa/Pet tersebut.
- Penamaan Barang/Jasa/Pet dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang/Jasa/Pet yang ditampilkan
dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi
Barang/Jasa/Pet.
- SocialPet.ID berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan penarikan subsidi (cashback), pembatalan
benefit, penurunan konten dan/atau moderasi toko, apabila didapati pelanggaran sebagaimana diatur pada Point
E.4 dan E.5.
- Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang/Jasa/Pet yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif
lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia)
dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin
menggunakan sub-domain tersebut.
- SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna
untuk kepentingan internal SocialPet.ID.
F. Komisi
SocialPet.ID mengenakan komisi untuk transaksi yang dilakukan melalui Situs SocialPet.ID.
F. Harga
- Harga Barang/Jasa/Pet yang terdapat dalam situs SocialPet.ID adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual.
Penjual dilarang memanipulasi harga Barang/Jasa/Pet dengan cara apapun.
- Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang/Jasa/Pet yang ditawarkan melalui Situs
SocialPet.ID. SocialPet.ID berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang/Jasa/Pet ke gudang,
pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari
SocialPet.ID atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak
terbaharuinya halaman situs SocialPet.ID dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab
Pembeli.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain
menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi
kesalahan pengetikan keterangan harga Barang/Jasa/Pet yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan
Barang/Jasa/Pet yang dilakukan oleh pembeli.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat
ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab SocialPet.ID.
- Dengan melakukan pemesanan melalui SocialPet.ID, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus
dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Barang/Jasa/Pet, ongkos
kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran.
Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh
Pengguna.
- Batasan harga maksimal satuan untuk Barang/Jasa/Pet yang dapat ditawarkan adalah Rp. 100.000.000.000,-
- Situs SocialPet.ID untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang/Jasa/Pet dalam mata uang Rupiah.
G. Tarif Pengiriman
Pembeli memahami dan mengerti bahwa SocialPet.ID telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi
tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun SocialPet.ID tidak dapat menjamin
keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
Karena itu SocialPet.ID menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan
SocialPet.ID, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat.
Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada SocialPet.ID melalui menu contact us
dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat SocialPet.ID telusuri lebih
lanjut.
Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang/Jasa/Pet adalah di luar tanggung jawab
SocialPet.ID, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan
pengiriman Barang/Jasa/Pet.
J. Konten
- Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan SocialPet.ID, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau
mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi,
merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs
selain Situs SocialPet.ID, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial
maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh SocialPet.ID. SocialPet.ID berhak melakukan
tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko,
pemblokiran akun, dan lain-lain.
- Pengguna dilarang memperjualbelikan hewan/satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang dan Hukum yang berlaku
maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh SocialPet.ID. SocialPet.ID berhak melakukan
tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko,
pemblokiran akun, dan lain-lain.
- SocialPet.ID tidak mentolerir cara-cara memperlakukan hewan yang tidak baik seperti penyiksaan dan/atau
melukai hewan. Setiap pengguna dilarang menggungah gambar atau konten apapun yang terkait hal ini baik
secara sengaja maupun tidak sengaja. SocialPet.ID berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran
ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
- Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang/Jasa/Pet yang memiliki watermark yang menandakan hak
kepemilikan orang lain.
- Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna
adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
- Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang/Jasa/Pet atau logo toko sebagai media
untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs SocialPet.ID, atau memberikan data
kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
- Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau
melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau
terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka SocialPet.ID berhak melakukan tindakan yang
diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau
tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
- Ketika Pengguna mengunggah ke Situs SocialPet.ID dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan
SocialPet.ID hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas
royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta,
publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten,
di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh
hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut
terhadap SocialPet.ID.
- Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam
situs SocialPet.ID. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak
kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs SocialPet.ID.
- SocialPet.ID menyediakan fitur "Diskusi Produk" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual,
perihal Barang/Jasa/Pet yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan
dengan cara apa pun menaikkan harga Barang/Jasa/Pet dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar
pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
- Meskipun SocialPet.ID mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, SocialPet.ID tidak bisa
menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan
meminta SocialPet.ID bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta,
merek dagang atau hak milik lainnya.
- Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi SocialPet.ID melalui Feed akan
tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
- Pengguna atau pihak lainnya yang menggunakan fitur Feed bertanggungjawab penuh terhadap konten atau materi
yang diunggah melalui fitur Feed.
- SocialPet.ID berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Feed yang dianggap
melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
- SocialPet.ID berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa penurunan
reputasi toko atau moderasi toko, apabila Penjual diduga melakukan manipulasi konten sebagaimana diatur
dalam poin I.14, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi penulisan nama produk, gambar produk,
deskripsi produk dan/atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengelabuhi penjualan konten sebagaimana
diatur dalam poin I.14 agar tetap dapat melakukan penawaran menggunakan Aplikasi Android.
J. Jenis Barang/Jasa/Pet
Berikut ini adalah daftar jenis Barang/Jasa/Pet yang dilarang untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs
SocialPet.ID:
- Hewan/satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang dan Hukum
- Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan
hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang
Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan.
- Produk, makanan dan minuman yang membahayakan hewan.
- Barang/Jasa/Pet-Barang/Jasa/Pet lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang
berlaku di Indonesia.
- Iklan.
- Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
- Barang/Jasa/Pet yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
- Barang/Jasa/Pet hasil tindak pencurian.
- Barang/Jasa/Pet yang dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
- Segala jenis Barang/Jasa/Pet lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang/Jasa/Pet Indonesia.
- Barang/Jasa/Pet-Barang/Jasa/Pet lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
L. Power Merchants dan TopAds
- Pengguna dapat mendaftarkan diri sebagai Power Merchant, yaitu layanan pada Situs/Aplikasi SocialPet.ID yang
memberikan kemudahan bagi Penjual untuk mengelola toko online dengan beragam fasilitas eksklusif yang
disediakan oleh SocialPet.ID, antara lain berupa: (i) status dan simbol "Logo Power Merchant"; (ii)
fasilitas Topads, statistik toko, admin toko, sampul halaman toko dan fasilitas lainnya.
- Status, simbol, logo, nama atau hal-hal lainnya yang terkait dengan Power Merchant sepenuhnya merupakan
kewenangan SocialPet.ID dan hanya diberikan oleh pihak SocialPet.ID kepada pelanggan Power Merchant.
Pengguna tidak diperkenankan untuk meniru atau menggunakan hal-hal tersebut pada Nama Toko, Deskripsi Toko,
Nama Produk, Foto Produk, dan lain sebagainya.
- Dalam menggunakan fitur TopAds, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap iklan yang Pengguna unggah di
situs SocialPet.ID adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi dan melepaskan SocialPet.ID dari segala
permasalahan yang mungkin timbul daripadanya.
- SocialPet.ID tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan
tindakan penghapusan atas setiap konten iklan yang melanggar Syarat & ketentuan SocialPet.ID dan/atau hukum
yang berlaku.
- SocialPet.ID berwenang untuk melakukan (i) penghapusan iklan; (ii) penutupan toko; (iii) penutupan akun;
dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat
ketentuan SocialPet.ID. Dengan demikian, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul
akibat dari tindakan tersebut diatas bukanlah tanggung jawab SocialPet.ID, termasuk namun tidak terbatas
pada kehilangan kredit TopAds.
M. Kartu Kredit
- Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk
transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dan produk digital melalui Situs SocialPet.ID.
- Transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi
pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp
50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk transaksi marketplace dan/atau digital.
- Transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan
yang diatur oleh SocialPet.ID dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs
SocialPet.ID.
- Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat
pembayaran.
- Apabila terdapat transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar
ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan SocialPet.ID, maka SocialPet.ID berwenang untuk:
- menahan dana transaksi selama diperlukan oleh SocialPet.ID, pihak Bank, maupun mitra payment gateway
terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;
- melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik
kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.
- SocialPet.ID akan menghentikan kerjasama dengan Penjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan
prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai
(cash withdrawal transaction).
- Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan
dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya.
Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu
kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan SocialPet.ID.
- Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar
3,5% - 5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan
sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.
- Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan
yang diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui
SocialPet.ID, dengan rincian sebagai berikut:
- Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 2.5% (dua koma lima persen)
- Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen)
- Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 6% (enam persen)
- Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 8% (delapan persen)
- Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 10% (sepuluh persen)
- Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan
tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu
pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta
dikembalikan.
- Ketentuan lebih lanjut mengenai pembayaran yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan
diatur selanjutnya.
N. Promo
- SocialPet.ID sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan
Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca
dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
- Apabila terdapat transaksi Promo yang mempergunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat dan
Ketentuan SocialPet.ID, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan Poin L. Kartu Kredit.
- SocialPet.ID berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk
namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Tokopoints, pencabutan Promo,
membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya
jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, pelanggaran
maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran
pelanggaran Syarat dan Ketentuan SocialPet.ID dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
- Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:
- Jika terdapat selisih antara berat Barang/Jasa/Pet pada deskripsi produk dengan berat
Barang/Jasa/Pet yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim
yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang/Jasa/Pet pada data pihak kurir/logistik;
- Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi
pengiriman valid. Penjual yang menggunakan resi pengiriman invalid tidak berhak untuk mendapatkan
subsidi ongkos kirim; dan/atau
- Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem
SocialPet.ID, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi, maka dana
yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh
Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
- Setiap Promo SocialPet.ID tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi yang diinput lebih dari 1 (satu) kali,
jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan pada transaksi
yang dibentuk oleh pembeli pertama. Benefit promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (pembeli
kedua).
- Setiap Promo SocialPet.ID tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja, voucher
internet, voucher pulsa, dan paket data.
- Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun SocialPet.ID untuk mengikuti setiap promo SocialPet.ID. Jika
ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama
dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo
SocialPet.ID.
O. Pengiriman Barang/Jasa/Pet
- Pengiriman Barang/Jasa/Pet dalam sistem SocialPet.ID wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah
mendapatkan verifikasi rekanan SocialPet.ID yang dipilih oleh Pembeli.
- Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang/Jasa/Pet adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa
layanan pengiriman Barang/Jasa/Pet.
- Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman Barang/Jasa/Pet tersebut dan
bertanggung jawab atas setiap Barang/Jasa/Pet yang dikirimkan.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman
Barang/Jasa/Pet oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang/Jasa/Pet adalah merupakan tanggung jawab
penyedia jasa layanan pengiriman.
- Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian Barang/Jasa/Pet, maka Pengguna, baik Penjual maupun
Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman Barang/Jasa/Pet langsung ke masing-masing Pembeli maupun
Penjual. SocialPet.ID tidak menerima pengembalian atau pengiriman Barang/Jasa/Pet atas transaksi yang
dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
- Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa Barang/Jasa/Pet hilang, Barang/Jasa/Pet rusak, dan
lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak SocialPet.ID paling lambat 3x24 jam sejak
waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.
P. Penarikan Dana
- Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 3x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar
bank akan diproses dalam waktu 7x24 jam hari kerja.
- Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya
tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.
- Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan SocialPet.ID, kecurangan,
manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa SocialPet.ID berhak melakukan tindakan
pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
- Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin O. 3 dapat dilakukan
dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak SocialPet.ID.
Q. Pusat Resolusi
- Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan oleh SocialPet.ID untuk memfasilitasi penyelesaian masalah
transaksi antara Pembeli dan Penjual.
- Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran Barang/Jasa/Pet ke Penjual sampai dengan permasalahan
yang dilaporkan ke Pusat Resolusi selesai.
- Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli
berupa foto Barang/Jasa/Pet, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang
dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
- Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan
bersama antara Pembeli dan Penjual.
- Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala
secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli.
- Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka SocialPet.ID
memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala.
- Dalam hal SocialPet.ID membantu menyelesaikan kendala, maka sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Poin C. 16
dan Poin D. 11, Pembeli dan Penjual menyetujui bahwa SocialPet.ID berwenang untuk mengambil keputusan atas
permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi
masing-masing pihak.
- SocialPet.ID berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah
didalam diskusi Pusat Resolusi, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan
atas solusi yang diberikan Pusat Resolusi dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya informasi
dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang
memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket; (ii) Bukti dari Pembeli dan/atau
Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email SocialPet.ID, Layanan Pengguna, dan lainnya)
yang perlu diteruskan ke Pusat Resolusi dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu
pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual; (iv) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual)
terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan SocialPet.ID perlu
segera melakukan mediasi.
- Atas keputusan pertama SocialPet.ID diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan
persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti
sebelumnya.
- Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa Keputusan SocialPet.ID atas upaya banding adalah keputusan
akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Pengguna memahami bahwa Pusat Resolusi tidak berlaku untuk produk pakaian dalam bekas, kendala yang
berkaitan dengan rasa, aroma dan/atau tekstur produk, dan semua produk dalam daftar jenis Barang/Jasa/Pet
yang dilarang diperjual-belikan di SocialPet.ID seperti yang ada di halaman Syarat dan Ketentuan.
- Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Resolusi, Pembeli dan
Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas
waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak SocialPet.ID pada diskusi terkait.
- Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses
penyelesaian kendala pada Pusat Resolusi didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan
oleh kedua belah pihak. Apabila Pembeli dan/atau Penjual tidak bersedia untuk menanggung ongkos kirim
tersebut, maka SocialPet.ID berwenang memberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan
perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Barang/Jasa/Pet kembali ke
Penjual, apabila dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (tidak termasuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu)
terhitung sejak Penjual memberikan alamat, Pembeli tidak kunjung melakukan pengiriman Barang/Jasa/Pet, maka
SocialPet.ID berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Barang/Jasa/Pet pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan
maksimal 2 (dua) hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat
status pengiriman dari kurir logistik bahwa Barang/Jasa/Pet yang dikembalikan oleh Pembeli sudah diterima
oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhi ketentuan ini, maka SocialPet.ID berwenang untuk
mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
- Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24
jam terhitung sejak SocialPet.ID melakukan permintaan bukti kepada Pembeli dan Penjual atas transaksi
terkait.
- Tata cara menggunakan Pusat Resolusi selengkapnya dapat dilihat pada Halaman Bantuan Pusat Resolusi.
R. Ketentuan Lain
- Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam situs SocialPet.ID maka Pengguna dengan ini
menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan
fitur-fitur tersebut.
- Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan
sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan SocialPet.ID secara umum.
S. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
SocialPet.ID adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada
Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website SocialPet.ID. Dengan demikian transaksi yang
terjadi adalah transaksi antar member SocialPet.ID, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab
SocialPet.ID secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
SocialPet.ID selalu berupaya untuk menjaga Layanan SocialPet.ID aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi
SocialPet.ID tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan SocialPet.ID dapat selalu
sempurna. Informasi dan data dalam situs SocialPet.ID memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan SocialPet.ID atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan
SocialPet.ID diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, SocialPet.ID (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah
tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut SocialPet.ID bertanggung jawab, atas segala
kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian
tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
- Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan SocialPet.ID.
- Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan SocialPet.ID.
- Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan SocialPet.ID.
- Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
- Kualitas Barang/Jasa/Pet.
- Pengiriman Barang/Jasa/Pet.
- Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
- Perselisihan antar pengguna.
- Pencemaran nama baik pihak lain.
- Setiap penyalahgunaan Barang/Jasa/Pet yang sudah dibeli pihak Pengguna.
- Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi SocialPet.ID, yang dengan
cara apapun mengatas-namakan SocialPet.ID ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya
dan/atau kelalaian pihak bank.
- Pengiriman untuk perbaikan Barang/Jasa/Pet yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa
Barang/Jasa/Pet langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
- Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant,
hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan SocialPet.ID.
- Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan SocialPet.ID.
- Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan SocialPet.ID.
- Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam
situs SocialPet.ID yang diduga palsu.
- Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
- Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
T. Pelepasan
Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan SocialPet.ID (termasuk Induk
Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat)
dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun
berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian
Barang/Jasa/Pet yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang/Jasa/Pet. Dengan demikian maka Pengguna dengan
sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain)
yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
U. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan SocialPet.ID dari tuntutan ganti rugi dan menjaga SocialPet.ID (termasuk Induk
Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang
dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan SocialPet.ID
yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
V. Pilihan Hukum
Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan
pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari,
berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan
diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia berdasarkan aturan
perundangan-undangan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
W. Pembaharuan
Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
SocialPet.ID menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari
waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan SocialPet.ID,
maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.
DITETAPKAN: BEKASI, 16 JANUARI 2021