Term & Condition

Selamat datang di SocialPet.ID

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) terkait penggunaan situs SocialPet.ID. Pengguna disarankan membaca dengan cermat, teliti dan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna kaitannya dalam ranah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs SocialPet.ID, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV). Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di SocialPet.ID.

  1. Ketentuan Pengguna
  2. Definisi
  3. Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan
  4. Transaksi Pembelian
  5. Transaksi Penjualan
  6. Penataan Etalase
  7. Komisi
  8. Harga
  9. Tarif Pengiriman
  10. Konten
  11. Jenis Barang/Jasa/Pet
  12. Power Merchants dan TopAds
  13. Kartu Kredit
  14. Promo
  15. Pengiriman Barang/Jasa/Pet
  16. Penarikan Dana
  17. Pusat Resolusi
  18. Ketentuan Lain
  19. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
  20. Pelepasan
  21. Ganti Rugi
  22. Pilihan Hukum
  23. Pembaharuan

A. Ketentuan Penggunaan

Ketentuan Penggunaan ini mengatur penggunaan SocialPet.ID dan menyediakan informasi tentang Layanan SocialPet.ID yang diuraikan di bawah ini. Saat Pengguna membuat akun SocialPet.ID atau menggunakan SocialPet.ID, Pengguna menyetujui ketentuan ini.

Layanan SocialPet.ID adalah salah satu Produk yang disediakan untuk Pengguna oleh PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV). Ketentuan Penggunaan ini merupakan persetujuan antara Pengguna dan PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV)

Layanan SocialPet.ID

SocialPet.ID setuju untuk menyediakan Layanan SocialPet.ID kepada Pengguna. Layanan ini meliputi semua produk, fitur, aplikasi, layanan, teknologi, dan perangkat lunak SocialPet.ID yang SocialPet.ID sediakan untuk melaksanakan misi SocialPet.ID: Mendekatkan Pengguna dengan orang-orang atau hal-hal yang Pengguna sukai. Layanan ini terdiri dari sejumlah aspek berikut (Layanan):

⚬ Menawarkan peluang yang dipersonalisasikan untuk membuat, menjalin hubungan, berkomunikasi, menemukan, dan membagikan diantara pemilik/penggemar hewan peliharaan.

Setiap pemilik/penggemar hewan peliharaan berbeda antara satu dengan yang lain. SocialPet.ID ingin mempererat hubungan yang Pengguna miliki melalui berbagi pengalaman yang berarti bagi Pengguna. Oleh karena itu, SocialPet.ID membangun sistem yang mencoba untuk memahami pemilik/penggemar hewan peliharaan dan hal-hal yang penting bagi Pengguna dan orang lain, dan menggunakan informasi itu untuk membantu Pengguna membuat, menemukan, berpartisipasi, dan membagikan pengalaman-pengalaman yang berarti bagi Pengguna. Bagian dari upaya tersebut adalah dengan menyorot konten, fitur, promo, dan akun yang mungkin menarik bagi Pengguna, dan memberi banyak cara kepada Pengguna untuk menikmati SocialPet.ID berdasarkan hal-hal yang Pengguna dan orang lain lakukan di dalam maupun di luar SocialPet.ID.

⚬ Mendorong terciptanya lingkungan yang bersifat positif, inklusif, dan aman.

SocialPet.ID mengembangkan dan menggunakan alat dan menawarkan sumber daya kepada para anggota komunitas SocialPet.ID yang dapat membantu membuat pengalaman mereka menjadi positif dan terbuka bagi semuanya, termasuk saat SocialPet.ID merasa bahwa mereka mungkin memerlukan bantuan. SocialPet.ID juga memiliki tim dan sistem yang berfungsi untuk menangkal penyalahgunaan dan pelanggaran Ketentuan dan kebijakan SocialPet.ID, dan menangkal perilaku yang merugikan dan menyesatkan. SocialPet.ID menggunakan semua informasi yang SocialPet.ID miliki, termasuk informasi Pengguna, demi menjaga agar platform SocialPet.ID tetap aman. SocialPet.ID juga dapat membagikan informasi mengenai penyalahgunaan konten atau konten yang merugikan dengan aparat penegak hukum atau instansi terkait.

⚬ Mengembangkan dan menggunakan teknologi yang membantu SocialPet.ID dalam melayani komunitas SocialPet.ID secara konsisten.

Mengelola dan menganalisis informasi untuk komunitas SocialPet.ID yang berkembang merupakan sesuatu yang mendasar bagi Layanan SocialPet.ID. Bagian besar dari Layanan SocialPet.ID adalah membuat dan menggunakan teknologi termutakhir yang dapat membantu SocialPet.ID dalam mempersonalisasikan, melindungi, dan meningkatkan Layanan SocialPet.ID dalam skala yang luar biasa besar untuk komunitas global yang luas. Teknologi seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin memberi SocialPet.ID kemampuan untuk menerapkan sejumlah proses yang kompleks di semua Layanan SocialPet.ID. Teknologi otomatis juga membantu SocialPet.ID memastikan fungsionalitas dan integritas Layanan SocialPet.ID.

⚬ Memberikan pengalaman yang konsisten dan efisien di seluruh Produk Perusahaan.

SocialPet.ID merupakan bagian dari PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) yang berbagi teknologi, sistem, insight, dan informasi, termasuk informasi yang SocialPet.ID miliki tentang Pengguna (pelajari selengkapnya di Kebijakan Data), agar dapat menyediakan layanan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih terjamin. SocialPet.ID juga menyediakan cara untuk berinteraksi di semua Produk Layanan SocialPet.ID yang Pengguna gunakan dan sistem yang dirancang untuk menghasilkan pengalaman yang mulus dan konsisten di semua Produk Perusahaan.

⚬ Menjamin infrastruktur global yang stabil untuk Layanan SocialPet.ID.

Guna menyediakan Layanan global SocialPet.ID, SocialPet.ID harus menyimpan dan mentransfer data di semua sistem SocialPet.ID di seluruh dunia, termasuk sistem yang berada di luar negara tempat tinggal Pengguna. Infrastruktur ini dimiliki atau dioperasikan oleh PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) atau afiliasinya.

⚬ Menjalin hubungan Pengguna dengan merek, produk, dan layanan melalui cara yang berarti bagi Pengguna.

SocialPet.ID menggunakan data dari SocialPet.ID dan Produk Perusahaan lainnya, serta dari mitra pihak ketiga, untuk menampilkan iklan, promo, dan konten bersponsor lain yang SocialPet.ID yakini berarti kepada Pengguna. SocialPet.ID juga berupaya untuk membuat konten tersebut agar menjadi relevan seperti pengalaman Pengguna yang lain di SocialPet.ID.

⚬ Penelitian dan inovasi.

SocialPet.ID menggunakan informasi yang SocialPet.ID miliki untuk mempelajari Layanan SocialPet.ID dan berkolaborasi dalam penelitian dengan pihak-pihak lain demi menyempurnakan Layanan SocialPet.ID dan memberi kontribusi pada keberlangsungan komunitas SocialPet.ID.

Kebijakan Data

Penyediaan Layanan SocialPet.ID memerlukan pengumpulan dan penggunaan informasi Pengguna. Kebijakan Data menjelaskan bagaimana SocialPet.ID mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan informasi. Kebijakan Data tersebut juga menjelaskan beragam cara yang dapat Pengguna lakukan untuk mengontrol informasi Pengguna, termasuk di Pengaturan Privasi dan Keamanan SocialPet.ID. Pengguna harus menyetujui Kebijakan Data untuk menggunakan SocialPet.ID.

Deklarasi SocialPet.ID

SocialPet.ID menolak segala perlakuan Pengguna yang mengekspose tindakan menyiksa atau menyakiti hewan peliharaan. Demikian juga SocialPet.ID tidak memperkenankan Pengguna memperjualbelikan hewan atau satwa yang dilindungi oleh Hukum dan Undang-undang yang berlaku. SocialPet.ID berhak melaporkan pelanggaran terhadap hal-hal tersebut kepada aparat yang berwenang dan/atau instansi yang terkait.

Komitmen Pengguna

Sebagai balasan atas komitmen SocialPet.ID untuk menyediakan Layanan, SocialPet.ID mewajibkan Pengguna untuk membuat komitmen di bawah ini dengan SocialPet.ID.

Orang-orang Yang Dapat Menggunakan SocialPet.ID. SocialPet.ID menghendaki Layanan SocialPet.ID untuk terbuka dan dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, namun SocialPet.ID juga menghendaki Layanan SocialPet.ID selamat, aman, dan sesuai dengan peraturan hukum yang ada. Oleh karena itu, SocialPet.ID meminta Pengguna untuk mematuhi sejumlah batasan agar Pengguna dapat menjadi bagian dari komunitas SocialPet.ID.

⚬ Untuk dapat menggunakan SocialPet.ID, Pengguna setidaknya harus berusia 13 tahun atau telah berusia minimal yang dianggap cukup menurut hukum di negara Pengguna untuk menggunakan SocialPet.ID.

⚬ Pengguna tidak dilarang untuk menerima segala aspek dari Layanan SocialPet.ID berdasarkan hukum yang berlaku atau memanfaatkan Layanan yang berkaitan dengan pembayaran, apabila nama Pengguna berada dalam daftar larangan yang berlaku.

⚬ SocialPet.ID sebelumnya tidak pernah menonaktifkan akun Pengguna yang diakibatkan oleh adanya pelanggaran hukum atau pelanggaran kebijakan SocialPet.ID.

⚬ Pengguna bukan merupakan seorang terpidana pelaku kejahatan seksual.

Cara yang Tidak Diperbolehkan Dalam Menggunakan SocialPet.ID. Menyediakan Layanan yang aman dan terbuka bagi siapa pun untuk komunitas yang luas mengharuskan partisipasi dari kita semua.

⚬ Pengguna tidak boleh menyamar sebagai orang lain atau memberikan informasi yang tidak akurat.

Pengguna tidak diharuskan untuk mengungkapkan identitas Pengguna di SocialPet.ID, namun Pengguna harus memberikan informasi yang akurat dan terbaru kepada SocialPet.ID (termasuk informasi pendaftaran). Selain itu, Pengguna tidak boleh menyamar sebagai orang lain, dan Pengguna tidak boleh membuat akun untuk orang lain, kecuali Pengguna telah memperoleh izin yang tegas dari orang tersebut.

⚬ Pengguna tidak boleh melakukan pelanggaran hukum, perbuatan yang menyesatkan, menipu, maupun perbuatan untuk tujuan ilegal atau dilarang.

⚬ Pengguna tidak boleh melanggar (atau membantu maupun mendorong orang lain untuk melanggar) Ketentuan ini atau kebijakan SocialPet.ID, termasuk Panduan Komunitas SocialPet.ID dan Kebijakan Platform SocialPet.ID.

⚬ Pengguna tidak boleh melakukan apa pun untuk mengganggu atau merusak operasi Layanan sebagaimana mestinya.

⚬ Pengguna tidak boleh mencoba untuk membuat akun atau mengakses maupun mengumpulkan informasi secara tidak sah.

Ini meliputi pembuatan akun atau pengumpulan informasi melalui cara otomatis tanpa izin tertulis dari SocialPet.ID.

⚬ Pengguna tidak boleh mencoba untuk membeli, menjual, atau mentransfer aspek mana pun dari akun Pengguna (termasuk nama pengguna Pengguna) atau meminta, mengumpulkan, atau menggunakan informasi masuk atau lencana milik pengguna lain.

⚬ Pengguna tidak boleh memposting informasi pribadi, informasi rahasia, atau melakukan apa pun yang melanggar hak milik orang lain, termasuk hak kekayaan intelektual.

Pelajari selengkapnya, termasuk cara melaporkan konten yang menurut Pengguna melanggar hak kekayaan intelektual Pengguna.

⚬ Pengguna tidak boleh menggunakan nama domain atau URL di dalam nama pengguna Pengguna tanpa persetujuan tertulis dari SocialPet.ID.

Izin yang Pengguna Berikan kepada SocialPet.ID. Sebagai bagian dari perjanjian kita, Pengguna juga memberi SocialPet.ID izin yang SocialPet.ID perlukan untuk menyediakan Layanan.

⚬ SocialPet.ID tidak mengklaim hak milik atas konten Pengguna, namun Pengguna memberi lisensi kepada SocialPet.ID untuk menggunakannya.

Tidak ada yang berubah pada hak Pengguna atas konten Pengguna. SocialPet.ID tidak mengklaim hak milik atas konten Pengguna yang dikirim di atau melalui Layanan. Sebagai gantinya, saat Pengguna membagikan, membuat postingan, atau mengunggah konten yang berada dalam cakupan hak kekayaan intelektual (seperti foto atau video) di dalam maupun yang berkaitan dengan Layanan SocialPet.ID, Pengguna memberi lisensi kepada SocialPet.ID yang bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat dipindahkan, dapat disublisensikan, dan berlaku di seluruh dunia untuk menghosting, menggunakan, mendistribusikan, mengubah, menjalankan, menyalin, menayangkan secara publik, menerjemahkan, dan membuat karya turunan dari konten Pengguna (selaras dengan pengaturan privasi dan aplikasi Pengguna). Pengguna dapat mengakhiri lisensi ini kapan saja dengan menghapus konten atau akun Pengguna. Akan tetapi, konten akan dapat terus muncul jika Pengguna membagikannya dengan orang lain dan orang tersebut masih belum menghapusnya. Tinjaulah Kebijakan Data dan kunjungilah Pusat Bantuan SocialPet.ID untuk mempelajari selengkapnya tentang cara SocialPet.ID menggunakan informasi dan cara mengontrol atau menghapus konten Pengguna.

⚬ Izin untuk menggunakan nama pengguna Pengguna, foto profil Pengguna, dan informasi mengenai hubungan dan tindakan Pengguna dengan akun, iklan, dan konten bersponsor.

Pengguna memberi izin kepada SocialPet.ID untuk menampilkan nama pengguna Pengguna, foto profil Pengguna, dan informasi mengenai tindakan Pengguna (seperti suka) atau hubungan (seperti mengikuti) di sekitar atau berkaitan dengan akun, iklan, promo, dan konten bersponsor lainnya yang Pengguna ikuti atau libatkan dalam interaksi Pengguna yang ditampilkan di Produk, tanpa adanya imbalan kepada Pengguna. Misalnya, SocialPet.ID dapat menunjukkan bahwa Pengguna menyukai postingan bersponsor yang dibuat oleh sebuah merek yang telah membayar SocialPet.ID untuk menampilkan iklannya di SocialPet.ID. Sebagaimana tindakan pada konten lainnya dan mengikuti akun lainnya, tindakan pada konten bersponsor dan mengikuti akun bersponsor hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang memiliki izin untuk melihat konten tersebut atau mengikuti. SocialPet.ID juga akan menghormati pengaturan iklan Pengguna. Pengguna dapat mempelajari selengkapnya tentang pengaturan iklan Pengguna.

⚬ Pengguna menyetujui bahwa SocialPet.ID dapat mengunduh dan memasang pembaruan pada Layanan di perangkat Pengguna.

Hak-hak Tambahan yang SocialPet.ID Miliki

⚬ Jika Pengguna memilih nama pengguna atau pengidentifikasi serupa untuk akun Pengguna, SocialPet.ID dapat mengubahnya jika menurut SocialPet.ID perubahan tersebut pantas dan perlu (misalnya, jika nama pengguna atau pengidentifikasi yang dimaksud melanggar hak kekayaan intelektual milik seseorang atau menyamar sebagai pengguna lain).

⚬ Jika Pengguna menggunakan konten yang berada dalam cakupan hak kekayaan intelektual yang SocialPet.ID miliki dan sediakan di Layanan SocialPet.ID (seperti misalnya gambar, desain, video, atau suara yang SocialPet.ID sediakan yang Pengguna tambahkan ke konten yang Pengguna buat maupun bagikan), maka SocialPet.ID tetap memiliki semua hak atas konten SocialPet.ID (namun bukan konten Pengguna).

⚬ Pengguna hanya dapat menggunakan kekayaan intelektual dan merek dagang SocialPet.ID maupun tPengguna-tPengguna serupa lainnya melalui cara yang diperbolehkan oleh Panduan Merek atau dengan izin tertulis dari SocialPet.ID.

⚬ Pengguna harus memperoleh izin tertulis dari SocialPet.ID atau izin berdasarkan lisensi sumber terbuka untuk dapat mengubah, membuat karya turunan dari, menguraikan, atau berupaya untuk mengekstrak kode sumber SocialPet.ID.

Penghapusan Konten dan Penonaktifan atau Penghapusan Akun Pengguna

⚬ SocialPet.ID dapat menghapus konten atau informasi apa pun yang Pengguna bagikan di Layanan jika SocialPet.ID meyakini bahwa konten atau informasi tersebut melanggar Ketentuan Penggunaan ini, kebijakan SocialPet.ID (termasuk Panduan Komunitas SocialPet.ID SocialPet.ID), atau SocialPet.ID diperbolehkan atau diwajibkan untuk melakukannya berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku. SocialPet.ID dapat menolak untuk menyediakan atau berhenti menyediakan semua atau sebagian dari Layanan kepada Pengguna (termasuk menghapus atau menonaktifkan akun Pengguna) secepatnya demi melindungi komunitas atau layanan SocialPet.ID, atau jika Pengguna membuat sesuatu yang menjadi ancaman atau risiko hukum bagi SocialPet.ID, melanggar Ketentuan Penggunaan ini atau kebijakan SocialPet.ID (termasuk Panduan Komunitas SocialPet.ID), jika Pengguna berulang kali melanggar hak kekayaan intelektual milik orang lain, atau ketika SocialPet.ID diperbolehkan atau diwajibkan untuk melakukannya oleh hukum. Jika SocialPet.ID mengambil tindakan untuk menonaktifkan atau menghapus akun Pengguna, maka SocialPet.ID akan memberi tahu Pengguna bila diperlukan. Jika Pengguna yakin bahwa penghapusan akun Pengguna merupakan suatu kesalahan, atau Pengguna ingin menonaktifkan atau menghapus akun Pengguna secara permanen, bukalah Pusat Bantuan SocialPet.ID.

⚬ Konten yang Pengguna hapus masih dapat bertahan selama periode waktu tertentu dalam wujud salinan cadangan dan konten tersebut masih dapat dilihat oleh orang-orang yang telah membagikannya. Paragraf ini, dan bagian di bawah yang berjudul "Perjanjian Kita dan Hal yang Terjadi jika Kita Tidak Sepakat," akan tetap berlaku sekalipun akun Pengguna telah dinonaktifkan atau dihapus.

Perjanjian Kita dan Hal yang Terjadi jika Kita Tidak Sepakat

Perjanjian Kita.

⚬ Jika Pengguna menggunakan fitur lain atau layanan tertentu yang terkait, ketentuan tambahan akan tersedia dan akan menjadi bagian dari perjanjian kita. Misalnya, jika Pengguna menggunakan fitur pembayaran, maka Pengguna akan diminta untuk menyetujui Ketentuan Pembayaran Komunitas. Jika ketentuan tersebut tidak sama dengan perjanjian ini, maka ketentuan lain tersebutlah yang berlaku.

⚬ Jika ada aspek tertentu dari perjanjian ini yang tidak dapat ditegakkan, maka aspek lain akan tetap berlaku.

⚬ Perubahan atas atau pelepasan dari perjanjian kita harus dibuat secara tertulis dan ditPenggunatangani oleh SocialPet.ID. Jika SocialPet.ID gagal untuk menegakkan aspek yang ada di perjanjian ini, maka hal tersebut tidak akan dianggap sebagai pelepasan.

⚬ SocialPet.ID memiliki semua hak yang tidak secara tersurat diberikan kepada Pengguna.

Pihak-pihak yang Berhak di Perjanjian ini.

Pihak-pihak yang Berhak di Perjanjian ini.

⚬ Pengguna tidak dapat memindahtangankan hak atau kewajiban Pengguna dalam perjanjian ini tanpa persetujuan dari SocialPet.ID.

⚬ Hak dan kewajiban SocialPet.ID dapat dialihkan ke pihak lain. Seperti misalnya, pengalihan hak dan kewajiban tersebut dapat terjadi jika ada perubahan dalam kepemilikan SocialPet.ID (dalam merger, akuisisi, atau penjualan aset) atau berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pihak yang Bertanggung Jawab Jika Terjadi Sesuatu.

⚬ Layanan SocialPet.ID disediakan "sebagaimana adanya," dan SocialPet.ID tidak dapat menjamin bahwa Layanan tersebut akan senantiasa aman dan berfungsi dengan sempurna. SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, SOCIALPET.ID JUGA MELEPASKAN SEMUA JAMINAN, BAIK TERSIRAT MAUPUN TERSURAT, TERMASUK JAMINAN TERSIRAT PERIHAL KELAYAKAN SEBAGAI BARANG DAGANGAN, KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, KEPEMILIKAN, DAN KETIADAAN PELANGGARAN.

⚬ SocialPet.ID juga tidak dapat mengontrol apa yang orang dan pihak lain lakukan atau katakan, dan SocialPet.ID tidak bertanggung jawab atas tindakan atau perilaku mereka (atau Pengguna) atau konten mereka (atau Pengguna) (baik online maupun offline) (termasuk konten yang melanggar hukum atau menimbulkan keberatan). SocialPet.ID juga tidak bertanggung jawab atas layanan dan fitur yang ditawarkan oleh orang lain atau perusahaan lain, meskipun Pengguna mengaksesnya melalui Layanan SocialPet.ID.

⚬ Tanggung jawab SocialPet.ID untuk apa pun yang terjadi di Layanan tersebut (yang disebut juga dengan "pertanggungjawaban") dibatasi sejauh dimungkinkan oleh hukum. Jika terdapat masalah dengan Layanan SocialPet.ID, SocialPet.ID tidak dapat mengetahui semua kemungkinan dampak yang dapat diakibatkan oleh masalah tersebut. Pengguna menyetujui bahwa SocialPet.ID tidak bertanggung jawab atas hilangnya keuntungan, pendapatan, informasi, atau data, atau kerugian yang bersifat konsekuensial, khusus, tidak langsung, luar biasa, punitif, atau insidental yang muncul dari atau berkaitan dengan Ketentuan ini, sekalipun SocialPet.ID tahu akan kemungkinan adanya kerugian tersebut. Ini meliputi saat SocialPet.ID menghapus konten, informasi, atau akun Pengguna.

Cara Menyelesaikan Persengketaan.

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.

Materi yang Tidak Diminta.

SocialPet.ID senantiasa memberi apresiasi kepada masukan atau saran lain yang ada, namun SocialPet.ID dapat menggunakan masukan atau saran tersebut tanpa batasan atau kewajiban untuk memberi Pengguna imbalan untuknya, dan SocialPet.ID tidak berkewajiban untuk menjaga kerahasiaannya.

Memperbarui Ketentuan Ini

SocialPet.ID dapat mengubah Layanan dan kebijakan SocialPet.ID, dan SocialPet.ID mungkin perlu untuk membuat perubahan pada Ketentuan ini demi mencerminkan Layanan dan kebijakan SocialPet.ID secara akurat. Kecuali jika diwajibkan secara hukum, SocialPet.ID akan memberi tahu Pengguna (seperti misalnya, melalui Layanan SocialPet.ID) sebelum SocialPet.ID membuat perubahan pada Ketentuan ini dan memberi waktu kepada Pengguna untuk meninjau Ketentuan tersebut sebelum diberlakukan. Kemudian, jika Pengguna terus menggunakan Layanan, maka berarti Pengguna akan terikat dengan Ketentuan yang telah diperbarui tersebut. Jika Pengguna tidak setuju dengan Ketentuan yang telah diperbarui tersebut, maka Pengguna dapat menghapus akun Pengguna.

B. Definisi

  1. PT. Berkat Anugerah Vinsia (PT. BAV) adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal SocialPet.ID, yakni situs media sosial, pencarian toko dan Barang/Jasa/Pet yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut SocialPet.ID.
  2. Situs SocialPet.ID adalah www.SocialPet.ID.
  3. SocialPet.ID mengkhususkan segment kepada hewan peliharaan dan hal-hal yang berhubungan atau terkait.
  4. Pet Wall adalah media sosial yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna untuk membuat, menjalin hubungan, berkomunikasi, menemukan, dan membagikan diantara pemilik/penggemar hewan peliharaan.
  5. Pet Shop adalah media toko online yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna untuk melakukan proses jual beli segala produk makanan, aksesoris, dan berbagai keperluan hewan peliharaan.
  6. Pet Grooming adalah media jasa perawatan hewan peliharaan yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna.
  7. Pet Doctor adalah media konsultasi dengan dokter hewan yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna. Selain itu berfungsi sebagai media bertukar informasi dan diskusi seputar kesehatan hewan peliharaan.
  8. Pet For Sale adalah media toko online yang disediakan oleh SocialPet.ID bagi Pengguna untuk melakukan proses jual beli hewan peliharaan yang tidak dilarang oleh Hukum dan Undang-undang.
  9. Pet For Adoption adalah media informasi yang disediakan oleh SocialPet.ID untuk menjembatani dan saling berbagi informasi hewan peliharaan yang bisa diadopsi dan dipeliharan oleh Pengguna.
  10. Pet Donation adalah media yang dikelola oleh SocialPet.ID untuk menyalurkan donasi atau bantuan atau sumbangan dari Pengguna bagi hewan-hewan yang terlantar atau membutuhkan pertolongan.
  11. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan SocialPet.ID yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan SocialPet.ID, serta tata cara penggunaan sistem layanan SocialPet.ID.
  12. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan SocialPet.ID, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs SocialPet.ID.
  13. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang/Jasa/Pet/Jasa yang dijual oleh Penjual di Situs SocialPet.ID.
  14. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang/Jasa/Pet/Jasa kepada para Pengguna Situs SocialPet.ID.
  15. Barang/Jasa/Pet adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang/Jasa/Pet yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang/Jasa/Pet yang dapat dijual kepada orang lain.
  16. Jasa adalah suatu manfaat atau kegiatan yang tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan atau dijual oleh suatu pihak terhadap pihak yang lain.
  17. Pet atau hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia yang kehidupannya untuk sebagian atau seluruhnya bergantung pada manusia untuk maksud tertentu.
  18. Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan SocialPet.ID untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang/Jasa/Pet/Jasa, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs SocialPet.ID dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
  19. Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan SocialPet.ID untuk menampung dana hasil penjualan Barang/Jasa/Pet, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs SocialPet.ID. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs SocialPet.ID.
  20. Feed adalah fitur pada Situs/Aplikasi SocialPet.ID yang menampilkan konten dari Penjual, KOL, atau pihak lainnya terkait Barang/Jasa/Pet tertentu.
  21. Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan Barang/Jasa/Pet atau Penjual tertentu melalui Feed.
  22. Rekening Resmi SocialPet.ID adalah rekening bersama yang disepakati oleh SocialPet.ID dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs SocialPet.ID.
  23. Internal Dropshipper adalah transaksi yang seluruhnya terjadi di ruang lingkup SocialPet.ID yang dilakukan oleh Penjual dengan membeli Barang/Jasa/Pet dari Penjual lainnya dan menjualnya kembali melalui Situs SocialPet.ID.

C. Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. SocialPet.ID tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna SocialPet.ID, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon sebelumnya.
  4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
    - Pembeli
    - Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.
  5. Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
  6. Pengguna yang telah melakukan tindakan buka toko diharapkan mengunggah konten produk yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah toko berhasil dibuka. Apabila dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Pengguna masih tidak mengunggah konten produk, maka Pengguna menyetujui dan memahami bahwa SocialPet.ID berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan toko tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  7. SocialPet.ID tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang/Jasa/Pet ke gudang, penghapusan Barang/Jasa/Pet, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
  8. SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan SocialPet.ID. Pengguna menyetujui bahwa SocialPet.ID berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
  9. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem SocialPet.ID, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  10. SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
  11. Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang/Jasa/Pet, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs SocialPet.ID dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
  12. Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs SocialPet.ID, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.
  13. Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang/Jasa/Pet, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs SocialPet.ID dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
  14. Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs SocialPet.ID, namun dapat digunakan untuk fitur-fitur berlangganan yang membantu Penjual, seperti TopAds atau promo cashback toko.
  15. SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan SocialPet.ID.
  16. Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  17. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama toko dan/atau domain toko Pengguna.
  18. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan dan SocialPet.ID berhak merubah jumlah kesempatan perubahan pada nama akun. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.
  19. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  20. SocialPet.ID tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu SocialPet.ID menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan SocialPet.ID atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  21. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu SocialPet.ID jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  22. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa SocialPet.ID tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  23. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi.
  24. Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang/Jasa/Pet secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.

D. Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh SocialPet.ID. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian SocialPet.ID akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem SocialPet.ID telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Barang/Jasa/Pet, Pembeli menyetujui bahwa:
    1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang/Jasa/Pet (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs SocialPet.ID tergantung pada monitor komputer Pembeli. SocialPet.ID telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs SocialPet.ID muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs SocialPet.ID akan akurat.
    3. Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang/Jasa/Pet ketika Pengguna membeli suatu Barang/Jasa/Pet.
    4. SocialPet.ID tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Barang/Jasa/Pet-Barang/Jasa/Pet dari Penjual kepada Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang/Jasa/Pet merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang/Jasa/Pet tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang/Jasa/Pet dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang/Jasa/Pet kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas Barang/Jasa/Pet yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi SocialPet.ID dan/atau tanpa sepengetahuan SocialPet.ID (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs SocialPet.ID atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  5. SocialPet.ID memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  6. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  7. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh SocialPet.ID.
  8. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain SocialPet.ID. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
  9. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet, setelah menerima kiriman Barang/Jasa/Pet yang dibeli. SocialPet.ID memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem SocialPet.ID, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet secara otomatis oleh sistem SocialPet.ID.
  10. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet atau konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi SocialPet.ID akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang/Jasa/Pet adalah bukan menjadi tanggung jawab SocialPet.ID. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang/Jasa/Pet menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  12. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang/Jasa/Pet yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  13. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi SocialPet.ID adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  14. Pengembalian dana dari SocialPet.ID kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    1. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang/Jasa/Pet,
    2. Masalah pengiriman Barang/Jasa/Pet telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang/Jasa/Pet tidak sampai,
    3. Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
    4. Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang/Jasa/Pet, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang/Jasa/Pet hingga batas waktu yang telah ditentukan.
    5. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak SocialPet.ID.
  15. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian M terkait Kartu Kredit.
  16. SocialPet.ID berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan SocialPet.ID adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  17. Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli.
  18. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. SocialPet.ID tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  19. SocialPet.ID memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal Barang/Jasa/Pet pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, SocialPet.ID memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan Barang/Jasa/Pet atau komplain apapun dari Pembeli, maka SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan Barang/Jasa/Pet dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
  20. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

E. Transaksi Penjualan

  1. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang/Jasa/Pet dengan tujuan apapun.
  2. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang/Jasa/Pet terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang/Jasa/Pet.
  3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka SocialPet.ID berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  4. Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran Barang/Jasa/Pet), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) Barang/Jasa/Pet tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman Barang/Jasa/Pet acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan SocialPet.ID, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan SocialPet.ID.
  5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang/Jasa/Pet pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang/Jasa/Pet dari SocialPet.ID. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  6. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa SocialPet.ID berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang/Jasa/Pet milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  7. Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:
  8. Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasukhari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang/Jasa/Pet dari SocialPet.ID.
  9. Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang/Jasa/Pet yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh SocialPet.ID kepada Penjual.
  10. Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin D. 8 dan D. 9 pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi Penjual tetap mengirimkan Barang/Jasa/Pet setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang/Jasa/Pet pada kurir tempat Barang/Jasa/Pet dikirimkan.
  11. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.
  12. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  13. SocialPet.ID berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan SocialPet.ID adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  14. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
  15. SocialPet.ID berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
  16. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

F. Penataan Etalase

  1. Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak terbatas pada informasi toko dan informasi Barang/Jasa/Pet) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs SocialPet.ID.
  2. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  3. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang/Jasa/Pet) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang/Jasa/Pet yang bersangkutan.
  4. Penamaan Barang/Jasa/Pet dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang/Jasa/Pet, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Barang/Jasa/Pet tersebut.
  5. Penamaan Barang/Jasa/Pet dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang/Jasa/Pet yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang/Jasa/Pet.
  6. SocialPet.ID berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan penarikan subsidi (cashback), pembatalan benefit, penurunan konten dan/atau moderasi toko, apabila didapati pelanggaran sebagaimana diatur pada Point E.4 dan E.5.
  7. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang/Jasa/Pet yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
  8. SocialPet.ID memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  9. SocialPet.ID memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal SocialPet.ID.

F. Komisi

SocialPet.ID mengenakan komisi untuk transaksi yang dilakukan melalui Situs SocialPet.ID.

F. Harga

  1. Harga Barang/Jasa/Pet yang terdapat dalam situs SocialPet.ID adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang/Jasa/Pet dengan cara apapun.
  2. Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang/Jasa/Pet yang ditawarkan melalui Situs SocialPet.ID. SocialPet.ID berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang/Jasa/Pet ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari SocialPet.ID atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs SocialPet.ID dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang/Jasa/Pet yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang/Jasa/Pet yang dilakukan oleh pembeli.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab SocialPet.ID.
  6. Dengan melakukan pemesanan melalui SocialPet.ID, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Barang/Jasa/Pet, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  7. Batasan harga maksimal satuan untuk Barang/Jasa/Pet yang dapat ditawarkan adalah Rp. 100.000.000.000,-
  8. Situs SocialPet.ID untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang/Jasa/Pet dalam mata uang Rupiah.

G. Tarif Pengiriman

Pembeli memahami dan mengerti bahwa SocialPet.ID telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun SocialPet.ID tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat. Karena itu SocialPet.ID menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan SocialPet.ID, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat.

Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada SocialPet.ID melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat SocialPet.ID telusuri lebih lanjut.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang/Jasa/Pet adalah di luar tanggung jawab SocialPet.ID, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang/Jasa/Pet.

J. Konten

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan SocialPet.ID, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs SocialPet.ID, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh SocialPet.ID. SocialPet.ID berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  2. Pengguna dilarang memperjualbelikan hewan/satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang dan Hukum yang berlaku maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh SocialPet.ID. SocialPet.ID berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  3. SocialPet.ID tidak mentolerir cara-cara memperlakukan hewan yang tidak baik seperti penyiksaan dan/atau melukai hewan. Setiap pengguna dilarang menggungah gambar atau konten apapun yang terkait hal ini baik secara sengaja maupun tidak sengaja. SocialPet.ID berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  4. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang/Jasa/Pet yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  5. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  6. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang/Jasa/Pet atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs SocialPet.ID, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
  7. Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka SocialPet.ID berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
  8. Ketika Pengguna mengunggah ke Situs SocialPet.ID dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan SocialPet.ID hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap SocialPet.ID.
  9. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs SocialPet.ID. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs SocialPet.ID.
  10. SocialPet.ID menyediakan fitur "Diskusi Produk" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang/Jasa/Pet yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang/Jasa/Pet dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
  11. Meskipun SocialPet.ID mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, SocialPet.ID tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta SocialPet.ID bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
  12. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi SocialPet.ID melalui Feed akan tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
  13. Pengguna atau pihak lainnya yang menggunakan fitur Feed bertanggungjawab penuh terhadap konten atau materi yang diunggah melalui fitur Feed.
  14. SocialPet.ID berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Feed yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
  15. SocialPet.ID berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa penurunan reputasi toko atau moderasi toko, apabila Penjual diduga melakukan manipulasi konten sebagaimana diatur dalam poin I.14, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi penulisan nama produk, gambar produk, deskripsi produk dan/atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengelabuhi penjualan konten sebagaimana diatur dalam poin I.14 agar tetap dapat melakukan penawaran menggunakan Aplikasi Android.

J. Jenis Barang/Jasa/Pet

Berikut ini adalah daftar jenis Barang/Jasa/Pet yang dilarang untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs SocialPet.ID:

  1. Hewan/satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang dan Hukum
  2. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan.
  3. Produk, makanan dan minuman yang membahayakan hewan.
  4. Barang/Jasa/Pet-Barang/Jasa/Pet lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
  5. Iklan.
  6. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
  7. Barang/Jasa/Pet yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
  8. Barang/Jasa/Pet hasil tindak pencurian.
  9. Barang/Jasa/Pet yang dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
  10. Segala jenis Barang/Jasa/Pet lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang/Jasa/Pet Indonesia.
  11. Barang/Jasa/Pet-Barang/Jasa/Pet lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

L. Power Merchants dan TopAds

  1. Pengguna dapat mendaftarkan diri sebagai Power Merchant, yaitu layanan pada Situs/Aplikasi SocialPet.ID yang memberikan kemudahan bagi Penjual untuk mengelola toko online dengan beragam fasilitas eksklusif yang disediakan oleh SocialPet.ID, antara lain berupa: (i) status dan simbol "Logo Power Merchant"; (ii) fasilitas Topads, statistik toko, admin toko, sampul halaman toko dan fasilitas lainnya.
  2. Status, simbol, logo, nama atau hal-hal lainnya yang terkait dengan Power Merchant sepenuhnya merupakan kewenangan SocialPet.ID dan hanya diberikan oleh pihak SocialPet.ID kepada pelanggan Power Merchant. Pengguna tidak diperkenankan untuk meniru atau menggunakan hal-hal tersebut pada Nama Toko, Deskripsi Toko, Nama Produk, Foto Produk, dan lain sebagainya.
  3. Dalam menggunakan fitur TopAds, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap iklan yang Pengguna unggah di situs SocialPet.ID adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi dan melepaskan SocialPet.ID dari segala permasalahan yang mungkin timbul daripadanya.
  4. SocialPet.ID tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan penghapusan atas setiap konten iklan yang melanggar Syarat & ketentuan SocialPet.ID dan/atau hukum yang berlaku.
  5. SocialPet.ID berwenang untuk melakukan (i) penghapusan iklan; (ii) penutupan toko; (iii) penutupan akun; dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan SocialPet.ID. Dengan demikian, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut diatas bukanlah tanggung jawab SocialPet.ID, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan kredit TopAds.

M. Kartu Kredit

  1. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dan produk digital melalui Situs SocialPet.ID.
  2. Transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk transaksi marketplace dan/atau digital.
  3. Transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh SocialPet.ID dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs SocialPet.ID.
  4. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.
  5. Apabila terdapat transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan SocialPet.ID, maka SocialPet.ID berwenang untuk:
    1. menahan dana transaksi selama diperlukan oleh SocialPet.ID, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;
    2. melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.
  6. SocialPet.ID akan menghentikan kerjasama dengan Penjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai (cash withdrawal transaction).
  7. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian Barang/Jasa/Pet dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan SocialPet.ID.
  8. Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 3,5% - 5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.
  9. Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan yang diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui SocialPet.ID, dengan rincian sebagai berikut:
    1. Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 2.5% (dua koma lima persen)
    2. Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen)
    3. Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 6% (enam persen)
    4. Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 8% (delapan persen)
    5. Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 10% (sepuluh persen)
  10. Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
  11. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembayaran yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan diatur selanjutnya.

N. Promo

  1. SocialPet.ID sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. Apabila terdapat transaksi Promo yang mempergunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan SocialPet.ID, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan Poin L. Kartu Kredit.
  3. SocialPet.ID berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Tokopoints, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan SocialPet.ID dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  4. Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:
    1. Jika terdapat selisih antara berat Barang/Jasa/Pet pada deskripsi produk dengan berat Barang/Jasa/Pet yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang/Jasa/Pet pada data pihak kurir/logistik;
    2. Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi pengiriman valid. Penjual yang menggunakan resi pengiriman invalid tidak berhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau
    3. Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem SocialPet.ID, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
  5. Setiap Promo SocialPet.ID tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi yang diinput lebih dari 1 (satu) kali, jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh pembeli pertama. Benefit promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (pembeli kedua).
  6. Setiap Promo SocialPet.ID tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja, voucher internet, voucher pulsa, dan paket data.
  7. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun SocialPet.ID untuk mengikuti setiap promo SocialPet.ID. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo SocialPet.ID.

O. Pengiriman Barang/Jasa/Pet

  1. Pengiriman Barang/Jasa/Pet dalam sistem SocialPet.ID wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan SocialPet.ID yang dipilih oleh Pembeli.
  2. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang/Jasa/Pet adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang/Jasa/Pet.
  3. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman Barang/Jasa/Pet tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang/Jasa/Pet yang dikirimkan.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang/Jasa/Pet oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang/Jasa/Pet adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  5. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian Barang/Jasa/Pet, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman Barang/Jasa/Pet langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. SocialPet.ID tidak menerima pengembalian atau pengiriman Barang/Jasa/Pet atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
  6. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa Barang/Jasa/Pet hilang, Barang/Jasa/Pet rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak SocialPet.ID paling lambat 3x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.

P. Penarikan Dana

  1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 3x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 7x24 jam hari kerja.
  2. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.
  3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan SocialPet.ID, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa SocialPet.ID berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
  4. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin O. 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak SocialPet.ID.

Q. Pusat Resolusi

  1. Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan oleh SocialPet.ID untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
  2. Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran Barang/Jasa/Pet ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Pusat Resolusi selesai.
  3. Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto Barang/Jasa/Pet, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
  4. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual.
  5. Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli.
  6. Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka SocialPet.ID memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala.
  7. Dalam hal SocialPet.ID membantu menyelesaikan kendala, maka sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Poin C. 16 dan Poin D. 11, Pembeli dan Penjual menyetujui bahwa SocialPet.ID berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.
  8. SocialPet.ID berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Pusat Resolusi, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan Pusat Resolusi dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket; (ii) Bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email SocialPet.ID, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Resolusi dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual; (iv) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan SocialPet.ID perlu segera melakukan mediasi.
  9. Atas keputusan pertama SocialPet.ID diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
  10. Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa Keputusan SocialPet.ID atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  11. Pengguna memahami bahwa Pusat Resolusi tidak berlaku untuk produk pakaian dalam bekas, kendala yang berkaitan dengan rasa, aroma dan/atau tekstur produk, dan semua produk dalam daftar jenis Barang/Jasa/Pet yang dilarang diperjual-belikan di SocialPet.ID seperti yang ada di halaman Syarat dan Ketentuan.
  12. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Resolusi, Pembeli dan Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak SocialPet.ID pada diskusi terkait.
  13. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses penyelesaian kendala pada Pusat Resolusi didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Apabila Pembeli dan/atau Penjual tidak bersedia untuk menanggung ongkos kirim tersebut, maka SocialPet.ID berwenang memberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  14. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Barang/Jasa/Pet kembali ke Penjual, apabila dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (tidak termasuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu) terhitung sejak Penjual memberikan alamat, Pembeli tidak kunjung melakukan pengiriman Barang/Jasa/Pet, maka SocialPet.ID berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  15. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Barang/Jasa/Pet pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan maksimal 2 (dua) hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat status pengiriman dari kurir logistik bahwa Barang/Jasa/Pet yang dikembalikan oleh Pembeli sudah diterima oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhi ketentuan ini, maka SocialPet.ID berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  16. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak SocialPet.ID melakukan permintaan bukti kepada Pembeli dan Penjual atas transaksi terkait.
  17. Tata cara menggunakan Pusat Resolusi selengkapnya dapat dilihat pada Halaman Bantuan Pusat Resolusi.

R. Ketentuan Lain

  1. Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam situs SocialPet.ID maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut.
  2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan SocialPet.ID secara umum.

S. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab

SocialPet.ID adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website SocialPet.ID. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member SocialPet.ID, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab SocialPet.ID secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

SocialPet.ID selalu berupaya untuk menjaga Layanan SocialPet.ID aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi SocialPet.ID tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan SocialPet.ID dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs SocialPet.ID memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan SocialPet.ID atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan SocialPet.ID diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, SocialPet.ID (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut SocialPet.ID bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

T. Pelepasan

Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan SocialPet.ID (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang/Jasa/Pet yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang/Jasa/Pet. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

U. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan SocialPet.ID dari tuntutan ganti rugi dan menjaga SocialPet.ID (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan SocialPet.ID yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

V. Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia berdasarkan aturan perundangan-undangan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.

W. Pembaharuan

Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. SocialPet.ID menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan SocialPet.ID, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

DITETAPKAN: BEKASI, 16 JANUARI 2021